Rabu, 20 September 2017

Perang Patriotik Raya Bagi Indonesia dan Dunia


Apa Makna Kemenangan Soviet atas Perang Patriotik Raya bagi Indonesia dan Dunia

Gambar terkait
Perang Patriotik Raya tercatat sebagai perang terbesar dan paling berdarah dalam sejarah manusia. Dari pihak Soviet saat itu, tak kurang dari puluhan juta warga Uni Soviet harus kehilangan nyawanya di medan perang. Selain memberikan sumbangsih besar dalam pembebasan Eropa dari kekejaman tentara Nazi Jerman, kemenangan Uni Soviet dalam Perang Patriotik Raya pun akhirnya mendorong berbagai gerakan kemerdekaan di kawasan Asia Pasifik.

Perang Dunia II berakhir pada tahun 1945, sejumlah negara yang dijajah memperoleh kemerdekaannya dan menjadi negara berdaulat. Di Asia Tenggara misalnya, ada banyak negara yang terbebas dari penjajahan dan kolonialiasasi sejak tahun 1945, termasuk Indonesia, Kamboja, Laos, Vietnam, Filipina, dan Myanmar. Bagi Indonesia, Rusia (atau Uni Soviet kala itu), memang punya kesan tersendiri bagi negara ini. 

Gambar terkaitBagi Indonesia, Rusia (atau Uni Soviet kala itu), memang punya kesan tersendiri bagi negara ini. Soviet pernah menjadi sahabat dekat sekaligus dianggap sebagai negara yang masuk "daftar hitam" karena ideologi yang dianut negara tersebut. Memang, negara kita memiliki masa lalu yang kelam dengan komunisme. Bagi rakyat Rusia yang pernah mengalami era kepemimpinan komunis Uni Soviet, masa-masa tersebut pun memiliki kesan yang cukup rumit. Saya ingat, dalam suatu kesempatan Presiden Rusia Vladimir Putin pernah berkata bahwa, siapa pun yang tidak merindukan Uni Soviet, tidak punya perasaan. Namun, siapa pun yang ingin kembali pada masa (atau pada sistem pemerintahan) Uni Soviet, tidak punya otak.

Mungkin, bagi kita di Indonesia, Perang Dunia II adalah suatu perang yang terjadi jauh di luar sana dan kurang berdampak signifikan bagi kita. Anggapan ini bisa jadi muncul karena kita merasa bahwa Indonesia saat itu sama sekali tidak angkat senjata dan ikut berperang. Soviet pernah menjadi sahabat dekat sekaligus dianggap sebagai negara yang masuk "daftar hitam" karena ideologi yang dianut negara tersebut. Memang, negara kita memiliki masa lalu yang kelam dengan komunisme.
Gambar terkaitKemenangan Uni Soviet atas Nazi pada Perang Patriotik Raya adalah suatu fakta sejarah yang jelas terabaikan. Padahal, kemenangan tersebut jelas bukanlah sembarang kemenangan. Sama halnya dengan Perang Patriotik Raya bukanlah sembarang peperangan. Lalu, seberapa besar porsi pendidikan atau penyampaian informasi ini disampaikan dalam teks buku-buku sejarah di Indonesia? Tidak banyak. buku teks sejarah lebih banyak menceritakan mengenai sejarah dunia dari perspektif Barat. Memang betul, ada pula sejarah mengenai Uni Soviet, tapi sangat sedikit dan itu pun mengenai kaitan ideologi komunisme Soviet dengan Partai Komunisme Indonesia (PKI) saat itu, serta mengenai peristiwa Glasnost dan Perestroika dan bubarnya Uni Soviet.


Sumber:
https://id.rbth.com/politics/2015/05/18/perang_dunia_ii_apakah_dunia_berutang_pada_soviet_27871

1 komentar:

Perang Patriotik Raya Bagi Indonesia dan Dunia

Apa Makna Kemenangan Soviet atas Perang Patriotik Raya bagi Indonesia dan Dunia Perang Patriotik Raya tercatat sebagai perang terb...